Popular Posts

Sunday, July 3, 2011

Tahun Pembelajaran dengan Tantangan yang Lebih dari Kebiasaan:

"Jangan mengambil ikan diair keruh"
Imam Prawoto

Al-Zaytun Journal 02-07-11.Dalam pidato pembukaan awal pembelajaran tahun ajaran 1432-1433/2011-2012, 02 Juli 2011 di Gedung Serba Guna Al-Akbar, Syaykh Al-Zaytun AS Panji Gumilang menyampaikan rasa trimakasih dan hormat yang sangat kepada segenap wali pelajar yang pada tahun ajaran ini berketetapan hati memercayakan putra-putri nya dididik dan disekolahkan di Al-Zaytun.

Mewakili segenap kepengurusan Yayasan Pesantren Indonesia Al-Zaytun beliau mengatakan " kami menyampaikan dengan sangat-sangat penghormatan yang setinggi tingginya kepada para bapak dan ibu yang telah memercayakan untuk melaksanakan pendidikan secara bersama-sama".

Tidak ada yang berbeda sesungguhnya antara kegiatan regular tahunan pembukaan awal pembelajaran tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja suasana tahun ini kata syaykh " Ma'had Al-Zaytun mendapatkan satu tantangan yang lebih dari kebiasaan". Untuk kali ini lanjut syaykh, " tantangan itu terus berjalan". Karena itulah maka "syaykh akan fahamkan kepada anak-anak, termasuk kepada yang sdh berumur".

Untuk itu, dengan adanya tantangan ini secara tegas syaykh meminta kepada seluruh civitias akademika Al-Zaytun, khususnya kepada wali murid untuk tidak merasa cemas dan tetap focus kepada kegiatan pendidikan dan pembelajaran. Anak- anak ujar syaykh " kamu tidak usah cemas, syaykh saja tidak cemas".   

Permintaan syaykh tersebut tentunya tidak saja di alamatkan kepada civitas akaedmika alzaytun yang berada dikampus, tetapi juga bagi segenap yang terkait secara langsung mahupun tidak langsung diluar kampus Al-Zaytun, tentunya termasuk para alumni semua angkatan dan orang tuanya, kerabat, sahabat dan segenap simpatisan Al-Zaytun dimanapun berada.

Selanjutnya Syaykh meneruskan pidato nya, hadririn dan anak-anakku sekalian " yang dihadapi Ma'had Al-zaytun hari ini adalah berupa aduan dari orang yang pernah tinggal disini, pernah bersama-sama disini dan pernah dipercayakan menjadi pengurus yayasan kemudian keluar tanpa ada pemberitahuan dari tahun 2007 sampai sekarang. Aduannya tentang pemalsuan dokumen".

Aduan ini hanya sebagai jembatan saja, inti dari adanya aduan itu adalah 'keinginan merebut kepengurusan Al-Zaytun' oleh mereka orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Orang-orang yang sama sekali tidak memandang existensi yang melatar belakangi berdirinya Ma'had Al-Zaytun. Bahwa "Al-Zaytun berasal dari tidak ada menjadi ada, dari hamparan lahan yang tidak terlalu ber ma'na menjadi seperti saat sekarang ini, lalu mereka yang tidak tahu menahu dari "nol" dan tidak bertanggungjawab itu mau merebut" ujar syaykh.

Perkembangan nya saat ini, dari hari ke hari, minggu ke minggu oleh mereka yang tidak bertanggungjawab itu, baik melalui tulisan demi tulisan, pemberitaan demi pemberitaan, bahkan diskusi ke diskusi dan lobby, lalu mereka kecilkan lagi skup bahasannya, bahwa 'Syaykh Al-Zaytun' itu merupakan lembaga yang membawahi kegiatan yayasan, dilembaga itu ada syaykh AS Panji Gumilang, maka AS Panji Gumilangnya yang harus di singkirkan. Sehingga dipandang dapat mempermudah mereka merebut Al-Zaytun. Na'udzu Billah!!!.

Kebulatan tekad seluruh unsur pengurus Yayasan Pesantren Indonesia Al-Zaytun, sepakat bahwa syaykh Al-Zaytun dan segenap exponent adalah satu. Maka siapapun yang akan menggantikan syaykh al-Zaytun secara liar diluar ketentuan hukum positive dan perundang undangan yang berlaku di republik ini, syaykh dengan dukungan penuh segenap exponent dan seluruh simpatisan akan maju dan tidak akan mundur, apapun yang akan terjadi.

Berikut dibawah ini adalah photo kegiatan acara Pembukaan Awal Pembelajaran tahun ajaran 1432-1433 H / 2011-2012 M. Sesuai urutan susunan acara:
pembelajaran umum bahasa arab


Ust. Agus Rojak Syamsuddin menyampaikan pembelajaran umum pelajaran Bhs Arab

Seluruh pelajar dari tingkat MI (setingkat SD) sd MA (stingkat SMA) sedang menyimak secara seksama pembelajaran bahasa Arab yang disampikan ustadz Agus

Para wali murid dan tamu undangan sedang menyimak pidato syaykh al-zaytun dan pembelajaran umum bahasa Arab yang disampaikan ustadz Agus

penyerahan Panji kepada Siswa/i tahun ajaran baru oleh ketua YPI Al-Zaytun
Ketua yayasan menyematkan atribut kesiswaan dari mulai emblem nama tag, peci hitam, simbol logo dan bendera Al-zaytun dlm bentuk kalung hingga bendera kepada perwakilan siswa Tsanawiyah kelas satu, setingkat SMP, ananda M. Nabeel Barack. 
 Ketua yayasan meneyematkan atribut kesiswaan dari mulai emblem name tag, peci hitam, simbol logo dan bendera Al-Zaytun dalam bentuk kalung hingga bendera kepada perwakilan siswi Tsanawiyah kelas satu, setingkat SMP, ananda Iva binti M Natsir Suaidi

Bendera telah diserahterimakan, perlambang bahwa siswa/i telah siap dan sanggup mengikuti dan menempuh pendidikan dan pembelajaran di kampus Al-Zaytun, sementara segenap pengurus dan exponent yayasan dan Dewan Guru serta Jama'ah Guru  pun siap dan sanggup mendedikasikan waktu, tenaga, pikiran dan ilmunya untuk kemajuan kader bangsa


Kini bendera itu sdh dalam genggaman mereka.

Selamat menempuh pendidikan di kampus favorite kita yang menerapkan sistem modern.
   

8 comments:

  1. semoga al-zaytun ttp menjadi al-zaytun yg dlu,,,yg bersih dr pilitisasi n polusi dunia luar. tidak terasa ya,,,10 tahun yg lalu sy juga mengikuti tausiyah syekh pd orientasi penerimaan santri baru,,,

    ReplyDelete
  2. Assalamua'laikom wbt..
    Tahniah saya ucapkan kepada Al-Zaytun dan juga kepada Syaykh. Semoga Al-Zaytun dapat terus berdiri kukuh.
    Maaf ya..kepada pak Imam Prawoto, saya minta agar tulisan text ini atau backgroundnya ini boleh ditukar warnanya agar boleh menjadi lebih jelas bila dibaca. Terima kasih.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas responnya, pak Imam Prawoto..

    ReplyDelete
  4. Alaykumsalam guys....cheers and all the best.
    Admin

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. As.w.w semoga al-zaytun tahun hadapan akan lebih maju,jangan gentar kami semua tetap mendukung sepenuh jiwa dan raga.....

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum...............
    Semoga M'had di tahun 2012 ini bisa menjadi Ma'had yang Unggul di muka bumi ini..
    Dan kirim pesan kepada alumni nya JANGAN HIRAUKAN KOMENTAR" MEREKA yang ada di luar sana.
    By : Mohamad Abdul Malik/ Siswa Ma'had Alzaytun

    ReplyDelete